Rabu, 27 Juli 2011

Susunan Planet Bumi






Sesuai dengan teori terbentuknya tata Surya, bumi terbentuk dari lapisan udara,air,besi,nikel, dan batuan. materi-materi tersebut membentuk susunan perlapisan di bawah maupun di atas permukaan  bumi.

1. Atmosfer Bumi
       bumi dikelilingi lapisan udara yang disebut atmosfer, tebalnya 1.000 km. udara dalam lapisan atmosfer terdiri dari gas nitrogen, oksigen, karbondioksida, dan gas lainnya yang sangat penting bagi kehidupan manusia. lapisan atmosfer terdiri dari lapisan-lapisan troposfer, stratosfer, mesosfer, termosfer, dan eksosfer.

2. Kerak Bumi
      kerak bumi atau kulit bumi disebut juga litosfer. lapisan ini merupakan lapisan kulit bumi paling luar yang teridiri atas batu-batuan dengan ketebalan rata-rata1.200 km dan berat jenis rata-rata 2,8 gram/cm3. kerak bumi dibagi menjadi duayaitu kerak benua dan kerak samudera.

3. Selubung Bumi (Montle)
       lapisan ini terdapat di bawahkerak bumi dengan ketebalan 1.700 km dan serta jenis 5 gram/cm3. lapisan ini merupakan bahan cair bersuhu tinggi dan berpijar.

4. Inti Bumi (Core)


















Inti bumi merupakan bahan padat yang tersusun dari nikel dan besi sehingga disebut juga lapisan nife (niccolum = nikel dan ferrum = besi). lapisan ini memiliki jari-jari 3.470 km dan terdiri atas inti luar dan inti dalam. inti luar tersusun atas besi cair dengan suhu hampir 2.200 C dan ketebalan lapisan 2.000 km. sebaliknya inti dalam bersifat padat karena tersusun atas besi dan nikel padat. inti dalam berbentuk bola berdiameter2.740 km dengna suhu di bagian pusat mencapai 4.500 C




PROSES PERKEMBANGAN MUKA BUMI






1. 200 juta tahun yang lalu
       benua benua tergabung dalam satu superbenua bernama Pangaea. amerika utara dan eurasia merupakan bagian utara Pangaea dan disebut laurasia. benua-benua lain bergerombol di segmen selatan yaitu Gondwana. di sebelah timur terdapat laut Tethys.

2. 180 juta tahun yang lalu
       benua Pangaea mulai pecah dengan munculnya samudra Atlantik Utara di antara laurasia dan Gondwana sendiri pecah menjadi 3 bagian dan laut Tethys menjadi lebih sempit

3. 135 juta tahun yang lalu
       sebuah retakan melebar antara Amerika Utara dan Eurasia dengan memperlebar Atlantik Utara. Amerika selatan dan afrika mulai terpisah sepanjang retakan yang menjadi Samudra Atlantik Selatan. india bergerak ke utara menuju Asia.

4. 65 juta tahun yang lalu
       Amerika selatan dan afrika telah menempuh jalan masing-masing Amerika Utara dan eropa masih berhubungan dengan Greenland. sedangkan India mendekati Asia

5. Saat Ini
        Greenland telah terpisah, sementara australia telah berpindah ke utara dari Antartika. India telah menabrak Asia

6. 50 juta tahun yang akan datang
         samudra atlantik terus melebar. sementara samudra pasifik menciut. Australia mendekati asia. Lembah retak Afriks terbuka dan tergenang. laut merah melebar dan Teluk persia lenyap

Tidak ada komentar:

Posting Komentar